loading...
loading...

Larutan adalah campuran dua zat atau lebih yang tidak memperlihatkan perbedaan antara pelarut (solven) dan zat terlarut ( solute). Yang disebut pelarut jika jumlahnya lebih banyak dari zat terlarut

Berdasarkan konduktivitas listriknya, larutan dapat dibedakan menjadi 2 jenis.



Hasil Tester Elektrolit Beberapa Zat

Larutan elektrolit ditinjau dari ikatan kimia senyawanya dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.

A. Sifat elektrolit pada senyawa ion
Larutan dan lelehan senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik. Sedangkan padatannya tidak. Contohnya; NaCl, CaCl2, NaBr, dan BaCl2.

B. Sifat elektrolit pada senyawa kovalen
Senyawa kovalen adalah senyawa yang terbentuk dari atom-atom (bukan ion). Pada umumnya, padatan dan lelehan senyawa kovalen tidak dapat menghantarkan arus listrik karena tidak mengandung ion-ion. Namun, dalam bentuk larutannya ada senyawa kovalen yang dapat menghantarkan arus listrik.
Senyawa kovalen yang dapat menghantarkan arus listrik disebut senyawa kovalen polar. Larutannya digolongkan dalam larutan elektrolit kuat (seperti HCl, HBr, HI, HNO3, dan H2SO4) dan larutan elektrolit lemah (seperti HNO2, NH 4OH, H2SO3).
Senyawa kovalen yang tidak dapat menghantarkan arus listrik disebut senyawa kovalen nonpolar. Dengan demikian sifat larutannya adalah nonelektrolit. Contohnya; C6H12O6, C6H6, C12H22O11, CO(NH2)2.

C. Hasil uji keelektrolitan beberapa zat

Larutan Air Aki

Larutan Gula

Air

Larutan Garam

Post a Comment

Iklan