loading...
loading...


Zat murni berlaku untuk semua jenis zat/bahan. Zatnya bisa berupa apa saja. Tidak harus terdiri dari satu jenis unsur atau molekul. Hidrogen murni adalah zat murni. Begitu juga dengan madu murni, meski terdiri dari berbagai jenis molekul. Yang membuat kedua bahan ini disebut bahan murni adalah karena bebas dari kontaminasi.


Jika kita menambahkan oksigen ke hidrogen, gas yang dihasilkan bukanlah hidrogen murni ataupun oksigen murni. Jika kita menambahkan sirup ke dalam madu, kita tidak lagi memiliki madu murni. Alkohol murni dapat berupa etanol, metanol, atau campuran berbagai alkohol, tetapi begitu kita menambahkan air, kita tidak lagi memiliki zat murni.


Dalam kimia, zat murni adalah sampel materi yang memiliki komposisi kimia yang tetap/konstan (homogen) dan seragam (konsisten) sifatnya di seluruh bagian yang ada. Definisi ini mencakup juga ke campuran homogen. Untuk menghindari kebingungan, zat murni sering disebut sebagai "zat kimia".


CONTOH ZAT MURNI


Yang termasuk zat murni adalah unsur dan senyawa kimia. Juga paduan (aloi) dan larutan. Semuanya dengan catatan harus memiliki komposisi yang konstan. Contohnya berlian, air, emas, perak, madu, karbondioksida, soda kue, gula, garam,  timah, dan sebagainya,


CONTOH ZAT TIDAK MURNI


Secara umum, campuran heterogen apa pun bukan termasuk zat murni. Atau jika kita dapat melihat perbedaan dalam komposisi kimia suatu zat maka zat itu bukanlah zat murni. Contohnya batu, pohon, campuran garam dan gula, dan sebagainya.

Post a Comment

Iklan