loading...
loading...

Massa atom, atau juga disebut sebagai berat atom, adalah  jumlah rata-rata materi yang terkandung dalam sebuah atom suatu unsur yang dinyatakan dalam satuan massa atom (u). Satuan massa atom didefinisikan sebagai 1/12 massa atom karbon-12. Massa atom ini dihitung menggunakan kelimpahan relatif isotop-isotop suatu unsur yang terjadi secara alami.


Massa atom menunjukkan ukuran sebuah atom. Massa atom berasal dari jumlah massa partikel sub-atomik yaitu proton, neutron, dan elektron dalam suatu atom. Namun karena elektron memiliki massa yang jauh lebih kecil daripada proton dan neutron sehingga elektron tidak menjadi faktor perhitungan massa atom. Jadi, ringkasnya massa atom berasal dari jumlah massa proton dan neutron. Dan biasanya massa atom hampir identik dengan nomor atom.


Sebelum tahun 1961, satuan berat atom didasarkan pada 1/16 (0,0625) berat atom oksigen. Namun setelah itu, satuan berat atom didasarkan pada 1/12 berat atom karbon-12. Sebuah atom karbon-12 memiliki massa 12 sma (satuan massa atom). 1 satuan massa atom (sma) sama dengan 1,660539040 × 10−24 gram.


CONTOH MASSA/BERAT ATOM

  • Massa atom karbon adalah 12,011. Kebanyakan atom karbon terdiri dari enam proton dan enam neutron.
  • Massa atom hidrogen adalah 1,0079. Hidrogen (yang bernomor atom 1) merupakan unsur yang memiliki massa atom paling rendah. Isotop hidrogen yang paling umum adalah protium (atom yang terdiri dari proton atau proton dan elektron). Karena terdapat sejumlah kecil deuterium (satu proton dan satu neutron) dan tritium (satu proton dan dua neutron), massa atom hidrogen sedikit lebih tinggi dari 1.
  • Berat atom sampel unsur boron yang dikumpulkan di Bumi berada dalam kisaran 10.806 hingga 10.821.

Terkadang penyebutan “massa” atom digunakan secara bergantian dengan “berat” atom. Masalahnya adalah "berat" menyiratkan gaya yang diberikan oleh medan gravitasi dan memiliki satuan Newton. Istilah "berat atom" ini telah digunakan sejak tahun 1808 karena kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan hal ini. Tetapi untuk mengurangi kebingungan, berat atom sekarang lebih dikenal sebagai massa atom relatif.

Post a Comment

Iklan