loading...
loading...


MATERI ADALAH HAL-HAL
YANG ADA DI SEKITAR KITA

Apa itu materi? Ada banyak kemungkinan definisi materi. Dalam sains, materi adalah istilah untuk semua jenis materi. Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan membutuhkan ruang ( memiliki volume). Minimal, materi membutuhkan setidaknya satu partikel sub-atomik, meskipun sebagian besar materi terdiri dari atom. Kata materi terkadang digunakan untuk merujuk pada zat murni.

Apa itu massa? Massa adalah jumlah materi dalam suatu benda. Kita mungkin melihat benda kecil dengan massa yang banyak seperti patung yang terbuat dari besi (Fe). Atau mungkin memiliki benda besar dengan massa yang sangat kecil seperti balon yang berisi helium (He). Tetapi kita harus tahu ada perbedaan antara massa dan berat. Massa adalah ukuran materi dalam suatu benda sedangkan berat adalah ukuran tarikan gravitasi pada suatu benda.

Apa itu volume? Volume adalah jumlah ruang yang ditempati suatu zat. Kata-kata seperti besar, kecil, panjang, atau pendek digunakan untuk menggambarkan volume. Kelereng mengambil volume kecil sedangkan bintang menempati volume besar. Keadaan/bentuk materi yang berbeda akan mengisi volume dengan cara yang berbeda.

Meskipun materi dapat ditemukan di seluruh alam semesta, kita hanya akan menemukannya dalam beberapa bentuk/keadaan di bumi. Masing-masing keadaan tersebut terkadang disebut fase. Sebenarnya ada banyak fase materi lain yang ada di lingkungan ekstrem. Hanya masalah waktu saja para ilmuwan akan menemukannya seiring dengan usaha mereka menjelajahi alam semesta.

Apa fase utama materi? Sebagian orang mungkin tahu tentang zat padat, cair, gas, dan plasma sebagaimana ilmuwan juga mengetahuinya. Plasma termasuk penemuan baru ketika diidentifikasi pertama kali oleh William Crookes pada tahun 1879. Sebagian orang juga mungkin tahu tentang fase kondensat Bose-Einstein. Fase ini adalah fase materi yang menarik karena kita perlu menghilangkan hampir semua energi dari suatu sistem baru bisa mengetahui fase ini. Para ilmuwan (Cornell, Ketterle, dan Wieman) yang bekerja menemukan fase kondensat Bose-Einstein telah menerima Hadiah Nobel atas dedikasi mereka pada tahun 2001.

Apa yang membuat fase sebuah materi? Ini semua terkait dengan bentuk fisik dan energi dalam atom dan molekul. Mari kita pikirkan tentang zat padat, cairan, dan gas. Sifat fisik zat padat sering kali mencakup "keras" dan "rapuh". Cairan bersifat cair, bergerak sedikit dan berbentuk sesuai wadah. Sedangkan gas selalu ada di sekitar kita, tetapi molekul gas bisa bergerak lebih jauh daripada molekul dalam cairan.

Post a Comment

Iklan